Tips meninggalkan rumah pada saat mudik lebaran

Tips meninggalkan rumah pada saat mudik lebaran

Mudik lebaran sudah menjadi tradisi rutin dari tahun ke tahun, hari libur yang cukup lama menjadi sebuah kesempatan untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman. Akan tetapi meninggalkan rumah ketika mudik lebaran adalah hal yang sangat berbahaya.

Apabila Anda berencana untuk mudik lebaran atau meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama maka berhati-hatilah. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, berikut ini Tips meninggalkan rumah pada saat mudik lebaran;

1 . Pasang Kamera CCTV

CCTV biasanya dapat kita temui di gedung-gedung perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan dan lainnya. Namun CCTV ini juga bisa dipasang di rumah sebagai alat keamanan. Pasanglah CCTV di bagian depan atau belakang rumah. Kapasitas penyimpanan CCTV bisa mencapai terrabytes. Dengan kapasitas yang besar, alat keimanan yang satu ini dapat merekam segala aktivitas hingga lebih dari satu Minggu lamanya. Dengan demikian Anda bisa memantau kondisi rumah selama ditinggal mudik

  1. Stop Langganan Koran

Jika setiap harinya berlangganan koran, maka berhentilah untuk sementara waktu. Jika rumah ditinggalkan dan setiap harinya terdapat koran yang berdatangan, koran tersebut tentunya akan menumpuk. Adanya koran yang menumpuk di dalam rumah, para pencuri akan menyimpulkan bahwa rumah tersebut sedang di tinggalkan penghuninya dalam waktu yang cukup lama dan mereka pun akan leluasa menjalankan aksi jahatnya.

  1. Gunakan Pengatur Waktu Untuk Lampu

Salah satu ciri rumah kosong adalah lampu teras yang menyala di siang hari dan mati pada malam hari. Sebelum melakukan aksinya, para pencuri biasanya melakukan pengintaian terlebih dahulu, melihat kondisi tersebut para maling pun akan menyimpulkan bahwa rumah sedang ditinggalkan.

Untuk mengatasi hal seperi ini, gunakanlah lampu yang mempunyai timer sehingga kita bisa mengatur kapan lampu mesti menyala dan padam.

  1. Titipkan Barang Berharga

Barang berharga seperti uang, barang elektronik, emas adalah sasaran utama para maling. Supaya barang-barang berharga tersebut tidak dicuri, simpanlah di tempat tersembunyi serta tidak mudah untuk dijangkau. Carilah tempat yang aman dan tidak mudah dibobol.

  1. Titipkan Rumah

Agar rumah aman saat ditinggal mudik, titipkanlah pada saudara ataupun tetangga yang tidak mudik. Namun tetap harus berhati-hati, pastikan tetangga Anda bisa dipercaya. Namun apabila ragu, sebaiknya titipkanlah pada RT atau RW untuk menjaga rumah Anda.

  1. Kunci Pintu dan Jendela

Pintu dan jendela adalah jalan pintas yang paling sering digunakan maling untuk memasuki rumah. Jika Anda sedikit lengah tidak mengunci pintu dan jendela, bukan tidak mungkin para maling akan membawa pulang barang berharga Anda.

Sebelum berangkat mudik, periksalah terlebih dahulu semua pintu dan jendela apakah sudah terkunci. Pastikan pula jendela rumah beserta pengaitnya masih dalam keadaan kokoh.

  1. Jangan Umumkan Di Media Sosial

Dunia digital yang kian canggih memaksa kita untuk membuat sejumlah akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Melalui akun-akun media tersebut, kita bebas menuliskan apa saja yang kita mau.

Ketika mudik, jangan sesekali mengumumkan ke media sosial bahwa Anda akan pergi beberapa hari bersama keluarga. Terlebih hingga menjelaskan secara detail kapan Anda pergi. Hal tersebut tentunya sangatlah membahayakan, jangan sampai banyak orang yang mengintai rumah Anda karena tulisan di media sosial tersebut. (rarali.com)