BUDAYA ECO CULTURE MENJADIKAN HIDUP BERKUALITAS

BUDAYA ECO CULTURE MENJADIKAN HIDUP BERKUALITAS

Budaya Eco Culture menjadikan hidup berkualitas. Akhir-akhir ini sering terdengar himbauan  “back to nature” , untuk menjadikan kehidupan bersinegi dengan alam lingkungan;

menyikap himbauan tsb, salah satu kawasan perumahan menginspirasi budaya ECO CULTURE

sebagai konsep dari kawasan perumahan tsb, dan pengembang CitraGarden Aneka

yang di kembangkan oleh Grup Ciputra mengusung tema / konsep Eco Culture yang mana Budaya Eco Culture

menjadikan hidup berkualitas untuk membangun sebuah hunian  ramah lingkungan

yang diyakini akan menjadikan penghuni kawasan perumahan tsb akan menjadikan hidup lebih berkualitas;

lokasi kawasan CitraGarden Aneka tepat sekali sebagai masterpiece kawasan perumahan mewah – besar dan berkonsep wawasan hidup berkualitas,

karena lokasi di daerah yang ramah lingkungan jauh dari kebisingan, di kelilingi lingkungan alam dan sosial masyarakat yang tenteram.

Psikolog Viva Darma Putri, M.Psi., Psikolog., menyampaikan konsep perumahan ramah lingkungan dapat diartikan

sebagai pembangunan rumah yang ramah lingkungan dan tetap menjaga ekosistem yang ada di sekitar kawasan perumahan tersebut.

Contohnya, saat melakukan pembangunan tidak membakar lahan, dan alat serta bahan-bahan yang digunakan juga ramah lingkungan.

Selain itu, konsep perumahan ramah lingkungan memiliki tempat pembuangan limbah rumah tangga, sehingga limbah tersebut tidak mengganggu kenyamanan penghuni.

Misalnya dengan adanya tempat untuk membuat pupuk kompos, sehingga bahan-bahan atau sampah rumah tangga, seperti nasi yang tidak habis,

sisa sayur yang telah dimasak maupun yang belum dimasak, dapat diolah menjadi pupuk kompos. Karena pupuk kompos sangatlah bermanfaat bagi tumbuhan sekitar.

“Jadi dari tanah kembali lagi ke tanah,” ungkapnya menjelaskan limbah rumah tangga menjadi kompos.

PENGOLAHAN PUPUK

Viva Darma Putri menyampaikan, tempat pengolahan pupuk kompos dapat dibuat seperti tabung yang berada di dalam tanah.

Ini bertujuan agar ketika limbah rumah tangga dibuang pada tabung tersebut, maka secara alami limbah rumah tangga tersebut dapat terurai dan menjadi pupuk kompos.

Tentunya dengan siasat mengolah limbah domestik dan limbah lainnya, dengan cara memilah dan menempatkan di tempat yang benar,

dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat dan tentunya akan meningkatkan rasa nyaman para penghuni akan lingkungan yang bersih.

Selain pengolahan limbah, yang perlu diperhatikan dalam konsep perumahan ramah lingkungan ialah pencahayaan dan sirkulasi udara.

Pencahayaan dari sinar matahari dapat mengurangi beban listrik, demikian juga dengan sirkulasi udara dalam rumah akan

menjadikann sebagai rumah sehat dan hemat listrik; salah satunya yang sudah menerapkan konsep ini adalah perumahan CitraGarden Aneka.

Tentunya, dengan memanfaatkan sinar matahari dan sirkulasi udara dalam rumah, dipastikan para penghuni akan menghemat konsumsi listrik, efeknya listrik tidak semakin membebani sumber daya alam.

Ada pendapat bahwa banyak atau sedikitnya cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah akan membawa pengaruh langsung pada efek psikologis dari penghuni rumah.

Ia memberikan perbandingan, antara seseorang yang mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup dan seseorang yang tidak mendapat asupan sinar matahari.

Menurutnya, jika seseorang jarang terpapar sinar matahari, seperti sering mengurung diri di rumah yang kurang pencahayaan dari sinar matahari, dapat membuat emosi orang tersebut tidak stabil,

dan berkurangnya asupan vitamin alami dari sinar matahari. Sedangkan, seseorang yang sering terkena sinar matahari akan terlihat aktif bergerak dan semangat untuk beraktivitas.

Ia menuturkan, jika sirkulasi udara di dalam rumah harus diperhatikan. Karena setiap orang pasti akan mencari rasa nyaman dan aman, serta jika kebutuhan psikologis  terpenuhi maka memungkinkan seseorang tersebut akan betah dan terhindar dari stres.

Ditekankan oleh Psikolog Viva Dharma Putri, bahwa suasana di dalam rumah juga memengaruhi kesehatan jiwa dan kualitas hidup seseorang.

Ia memberikan contoh penghuni yang baru pulang kerja, yang sedang dipenuhi rasa letih. Ketika penghuni tersebut masuk ke rumah dan mendapati keadaan rumah yang sempit serta terlalu banyak barang,

maka tingkat stress penghuni tersebut akan meningkat. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk meminimalisir jumlah barang atau furniture di rumah dan harus memanfaatkan psikologi warna.

Budaya Eco Culture menjadikan hidup berkualitas
Hunian sehat bagi Anda dan Keluarga

LINGKUNGAN SEHAT BAGI KELUARGA TERCINTA

Dengan adanya nuansa lingkungan Budaya Eco Culture menjadikan hidup berkualitas hijau -bersih – nyaman di kawasan perumahan seperti perumahan CitraGarden Aneka,

akan menciptakan rasa ketenangan pada penghuni. Saat penghuni merasa letih atau stres disarankan untuk melihat sesuatu yang hijau-hijau, seperti taman terbuka hijau yang merupakan konsep dari perumahan CitraGarden Aneka yang nyata sudah terealisasi.

Semakin banyak penghijauan akan membuat nyaman penghuni karena aroma klorofil dari tumbuhan hijau dapat membantu penghuni merasa rileks.

Selain dapat menghilangkan stres, ruang terbuka hijau atau taman bermain yang asri, berfungsi sebagai tempat berkumpul para penghuni sehingga dapat menimbulkan Sense of Community.

Ia juga menambahkan, di kota Pontianak ini salah satu kawasan perumahan yang ideal dan berkonsep back to nature adalah  Perumahan CitraGarden Aneka,

karya besar dari Grup Ciputra yang dipersembahkan khusus untuk masyarakat yang mendambakan hidup sehat dan berkualitas; jadi tepat sekali untuk memilih dan tinggal di CitraGarden Aneka Pontianak dengan konsep ECO  CULTURE, yang menjadikan hidup sehat berkualitas. (riz)

 

###

FACEBOOK https://www.facebook.com/CitraGardenAneka

TWITTER https://twitter.com/citragardenneka

WEBSITE https://citragardenaneka.com/

INSTAGRAM https://www.instagram.com/citragardenaneka/

YOUTUBE CitraGarden Aneka